Saturday, March 6, 2010

FAQ Strara Title

FAQ Strata Title

1. Apa pengertian singkat Strata Title ?

Jawab:

1. Strata Title  adalah hak kepemilikan bersama atas suatu kompleks bangunan, yang terdiri dari hak ekslusif atas ruang ditambah hak bersama atas ruang bersama. Jadi strata title memberikan hak kepada pemegangnya, atas

(i) ruang ekslusif (boleh semau gue dipakai untuk kenikmatan sendiri) dan

(ii) ruang bersama (gak boleh dikuasai ekslusif terus menerus) yang dipakai dan dinikmati bersama dengan pemilik unit lainnya.

2. Apa setiap bangunan bertingkat kepemilikan nya berdasarkan strata title atau ada bentuk kepemilikan lain ?

Jawab:

Konsepsi strata title lahir atas kebutuhan untuk hidup bersama dalam satu kompleks gedung (biasanya bertingkat, mengingat konsepsi kepemilikan

properti (sebelum berlakunya UU sarusun) hanyalah atas tanah (HGB, HM or HGU). Kesimpulan: sampai saat ini baru ada konsepsi strata title menurut UU sarusun.

3. Apa strata title memiliki masa berlaku, misal berapa tahun.

Jawab;

Hak atas sarusun (strata  title) tidak perlu dibatasi jangka waktunya, karena secara alamiah akan runtuh sendiri atau tidak layak huni lagi, tetapi tanah dimana gedung  strata title berdiri tetap tunduk pada UU pokok agraria, sehingga dibatasi jangka waktunya (bisa diperpanjang tentunya).

4. Dalam keadaan extrim, misal gedung runtuh total dan pengembang tidak mengasuransikan dan mampu membangun gedung kembali, apakah hak milik otomatis hilang dan siapa yang berhak atas tanah landasan gedung ?

Jawab:

Sesuai dengan konsepsi strata title, dan asas jual beli secara perdata, sekali hak strata title beralih, maka resiko atas kepemilikan unit strata title itu beralih dari developer (pemilik unit keseluruhan) ke pembeli unit strata title. Dengan demikian, seluruh pemegang hak strata title menanggung resiko musnahnya gedung bersama-sama, dan seluruh pemegang hak strata title tetap berhak atas pemilikan bersama yaitu tanah yang yang masih tersisa (gedung sudah runtuh) secara prorata.

No comments:

Post a Comment